THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 16 Juni 2008

Seberapa Pentingnya Password

Saat ini kita berada pada era digital dimana komunikasi dan pertukaran informasi berlangsung dalam suatu jaringan yang kian hari semakin meluas. Di dalam sistem tersebut, pengguna (user) saling berinteraksi melalui sebuah pengenal untuk merepresentasikan dirinya. Pengenal ini lazim disebut identitas user. Pengertian identitas dalam disini lebih ditekankan pada identitas secara digital atau sering disebut digital identity. Identitas digital merupakan representasi identitas seseorang yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain atau mesin dalam sebuah jaringan terdistribusi. Secara sederhana, identitas digital berupa pasangan ID (misalnya nama user) dan sebuah authentifikasi rahasia (misalnya password).

Password atau kata sandi merupakan sarana umum yang masih memegang peran dalam melindungi aset-aset penting dalam sebuah jaringan. Sistem password sederhana belum cukup untuk mengidentifikasi siapakah sebenarnya seorang user atau mengatur apa saja yang dapat diakses olehnya, terlebih lagi kadang user harus mengingat banyak password sehingga pemilihan password cenderung merupakan password yang mudah ditebak. Sementara itu hacker masih saja berkeliaran diantara para user, pencurian password masih kerap terjadi sehingga pelanggaran dan kehilangan resource masih tetap terjadi.

Untuk aplikasi-aplikasi khusus misalnya dalam e-commerce dan e-business, sebuah identitas digital menjadi sedikit lebih kompleks, seperti penambahan profil alamat, pekerjaan, atau level gaji. Sejalan dengan perkembangan jaringan sistem komputer dan semakin kompleksnya identitas digital yang terdistribusi, maka dibutuhkan sebuah pengelolaan yang mampu mempermudah hubungan antara tiap identitas tanpa harus mengesampingkan faktor keamanan jaringan.

0 komentar: